9 Jenis Kata Keterangan (Adverb) dan Contoh Kalimatnya

Pembahasan bahasa inggris tidak lepas dengan adanya penyusunan kalimat (Sentences) yang benar sesuai dengan grammar. Pembahasan tentang kalimat pun banyak sekali. Dimulai dengan kata benda (nouns) yang dipakai, Kata ganti benda (pronouns), kata kerja (verbs), kata sifat (adjectives), kata keterangan (adverbs) dan tak lupa kata penghubung (conjunction). Kalimat yang lengkap adalah kalimat yang terdiri atas unsur-unsur yang disebutkan tadi. Akan tetapi tidak harus mengandung unsur semua itu, minimal terdiri atas Subjek (biasanya kata benda/ kata ganti benda) dan predikat (biasanya berupa kata kerja verbs). Maka dari itu pada pembahasan kali ini author akan membahas mengenai kata keterangan (adverbs). Apa sih adverbs itu? Apa saja? Bagaimana contohnya dalam kalimat? Yuk mari disimak dengan seksama.

9 jenis kata keterangan adverb

Adverbs atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Kata keterangan/ frasa kata keterangan  merupakan frasa kata yang digunakan untuk menambah informasi dalam suatu kalimat. Informasi apa saja itu? Informasinya berupa manner (bagaimana segala sesuatu dilakukan/ cara), waktu dan tanggal kapan, frekuensi berapa sering, dan durasi waktu/ lamanya suatu aktivitas dilakukan. Dengan kata lain berupa keterangan cara, waktu, tempat.

Ada beberapa jenis kata keterangan. Berikut ini daftar dan contoh dalam kalimatnya.

1. Adverbs of manner (kata keterangan cara)

Kata keterangan ini dipakai untuk menjelaskan bagaimana sesuatu dilakukan/ caranya melakukan sesuatu tersebut. Biasanya menjawab pertanyaan bagaimana (how)? Ciri kahsnya adalah kata keterangan ini diakhiri dengan akhiran –ly. Contoh:

SV Adverb (manner) 
Iwantyou to treat meperfectly
Theylistenedyoucarefullyyesterday

Catatan penting: jangan menggunakan kata sifat (adjectives) kecuali adverb manner, dan juga hindari penggunaan adverb manner diantara dua kata infinitive.

Perhatikan bahwa kata seperti perfectlydan carefullymemiliki arti dengan sempurnadan dengan hari-hari.Jadi kata keterangan tersebut menjelaskan bagaimana cara memperlakukan dan cara mendengarkan.

Contoh lain kalimat:

9 jenis kata keterangan adverbs

– I hear you talking loudly. (Aku mendengarmu berbicara dengan keras.)

– She made me kick you roughly. (Dia membuatku menendangmu dengan kasar)

– They hit strongly that wall. (mereka memukul dengan kuat dinding itu)

2. Adverbs of manner khusus: Fast, Late dan Hard

Kata keterangan cara atau adverbs of manner ternyata ada yang khusus tidak bolehdengan akhiran –ly karena artinya sangat jauh berbeda jika ditambah akhrian tersebut. Jadi perlu diperhatikan adverb manner tidak semua berakhiran –ly, yakni tiga kata ebrikut ini  fast, late dan hard.

Catatan penting: fast, late dan hard tidak memiliki akhiran –ly. 

SVfast
This medicinecan relieveYour headachefast
SVlate
Iwas coming backhomelatelast night
SVHard
Your teampracticessohard

Catatan penting: dilarang menggunakan fastly, lately, dan hardly. Lately dan hardly bukan bentuk kata keterangan dari late dan hard, lately berarti akhir-akhir ini dan hardly berarti hampir tidak pernah, beda sekali bukan artinya.

Contoh dalam kalimat:

– I run so fast to reach you.

– Why did you come home late?

– She will study hard to reach her dream.

3. Adverbs of time: Penggunaan No longer

Kata keterangan no longer dipakai untuk untuk menjawab pertanyaan kapan (when), jadi kata keterangan ini termasuk kata keterangan waktu. No longer memiliki arti not anymore (tidak lagi), bisa dipakai diantara kata kerja utama (main verbs) dan kata kerja bantu (auxiliary verbs)/ modals.

Pola kalimat:

SV (auxiliary)no longerV main)
Icanno longerwalkwithout my stick
Shewasno longerlooking forHim last night

Catatan penting: tidak boleh menggunakan ‘not’ dan ‘none’ selain ‘no’!

Contoh dalam kalimat:

– I will no longer meet you tomorrow then.

– I am no longer bringing a heavy bag now.

– Maira may no longer want to write a new novel.

4. Adverbs of time: Penggunaan Sometime dan Sometimes

Sometime dapat diartikan sebagai beberapa waktu dalam indefinite future (waktu di masa mendatang yang tak terbatas).  Biasanya digunakan setelah kata kerja (verbs). Menjawab pertanyaan kapan (when). Tidak ada waktu spesifik kapan/ tanggal berapa di masa mendatang. Sedangkan Sometimes berarti kadang-kadang (occasionally). Biasanya digunakan pada awal atau akhir kalimat. Menjawab pertanyaan berapa sering (how often). Jelas berbeda sekali ya penggunaannya. Sometime menjawab pertanyaan kapan, sedangkan sometimes menjawab seberapa sering.

Sometime

SVNo specific date in the future

sometime

IWill meetyousometime
Theywill goto Jogjasometime

Sometimes

Occasionally

sometime

SV
sometimesIglanceHer beautiful face
sometimeshelooksat me

Contoh kalimat:

9 jenis kata keterangan adverbs

– I’ll call you later sometime.

– She cleans his room sometimes.

– Mia and I will wait you sometime.

5. Adverbs of time: Penggunaan For dan Since untuk menyatakan durasi

Kata keterangan waktu juga bsia berupa durasi waktu tertentu atau time of duration. Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian yang sudah belajar jenis perfect tense. Kata- kata yang sering dipakai yakni For dan Since. Apa bedanya ya? Perhatikan penjelasan di bawah ini.

 For dipakai sebelum a quantity of time (lamanya waktu), menyatakan lamanya waktu/ durasi waktu, dan biasanya menjawab pertanyaan berapa lama (how long), ini yang perlu dipahami ya. A quantity time bisa berupa jumlah hari atau bulan misal seven days, hundred years, three months dst.

Since digunakan sebelum a specific time (waktu secara khusus), menyatakan lamanya waktu juga, yang membedakan adalah since menjawab pertanyaan, dimulai kapan (beginning when). A specific time berupa waktu khusus seperti Monday, March, year 2018 dst.

Jika kalian melihat kalimat dengan struktur HAVE+ participle (V-3) yang tidak lain merupakan bentuk perfect tense, pada struktur kalimat tersebut ciri utamanya menggunkana kata keterangan durasi waktu yakni since dan for.

Pola dalam kalimat dengan for:

SHAVEparticipleforQuantity of time
Miahasbeenin Situbondoforthreeyears
Wehaven’teatenRamenfora month

Dengan since:

SHAVEparticiplesinceQuantity of time
Miahasbeenin Situbondosince2018
Wehaven’teatenRamensince1st August

Contoh kalimat:

– We have waited it for two years.

– I just have gone there since 6 a.m

– She has seen him for two days.

6. Adverbs of time: Penggunaan Once

Kata keterangan once untuk memperkenalkan introductory adverbial modifiers. Oncememiliki arti pada suatu waktu (at one time) pada saat lampau,biasanya diartikan pada suatu hari/ waktu. Biasanya dalam awal suatu cerita pada awal paragraf ya.

Once mnejawab pertanyaan kapan (when). Once sering digunakan sebagai kata keterangan waktu untuk merubah (keadaan sekarang) subjek utama yang mengikuti klausa kalimat.

Oncenoun,SV 
Oncea teacher,Lenaisnow a house wife
Oncea single woman,Mioneis marriednow

Maksud kedua kalimat di atas adalah:

  1. Pada saat itu Lena pernah menjadi seorang guru, sekarang ia menjadi ibu rumah tangga.

  2. pada saat dulu Mione adalah seorang wanita singke, sekarang dia sudah menikah.

7. Adverbs of time: Penggunaan While

Whileberarti‘at the same time’ (pada saat itu/ pada saat yang bersamaan pada waktu masa lalu).Bagaimana maksudnya? Begini while diikuti kata kerja bentuk lampau atau past tense. While juga sama halnya dengan once menjawab pertanyaan when (kapan)? Kata ‘when’ juga bisa digunakan sama halnya dengan while, bedanya ‘when’ harus digunakan sebelum Subjek dan kata kerja dalam klausa kalimat. contohnya:

While  noun,SV(past) 
Whilea teacher,Lenawasso busy
Whilea single woman,Mionewaslonely

Atau dengan while dan when:

While

When

SV,SV
WhileshewasA teacher,Lenawasso busy
Whenshewasa single woman,Mionewaslonely

jadi: when dipakai sebelum Subjek kalimat!

8. Adverb of frequency: Penggunaan Negative Emphasis

Jenis kata keterangan Negative emphasis pada umumnya menjawab pertanyaan berapa sering (how often). Kenapa disebut dengan negative emphasis? karena berupa frase seperti not one (tak seorangpun), not once (belum sama sekali), not until (tidak sampai), never (tak pernah), never again (tidak lagi), only rarely (jarang sekali/ langka), dan very seldom (sangat jarang).

Yang perlu diketahui adalah: penggunaan kata keterangan negative emphasis biasanya di awal kalimat untuk menyatakan emphasis atau penegasan. Jika menggunakan kata kerja bantu harus sesuai dengan kata kerja dan subjek yang digunakan. Kemudian yang tak kalah penting di dalam penyusunan kalimat harus dibalik, contohnya:

Negative emphasisAuxiliary verbsSV
Neverhasheseenme since last year
Not untilhavetheyfinishedTheir work
Never againdidImethim

catatan: jika dilihat, kata kerja dan subjek terletak setelah kata kerja bantu. Kata kerja banut juga menyesuaikan dengan Subjek kalimat.

9. Penggunaan As A Whole dan Wholly

As a whole adalah kata keterangan yang memiliki arti generally (pada umumnya), kemudian as a whole digunakan pada awal kalimat atau klausa kalimat.

Sedangkan wholly berarti completely (kemungkinan besar), wholly sering digunakan setelah kata kerja/ kata kerja bantu (auxiliary verbs).

9 jenis kata keterangan adverb

generally

as a whole

SV
as a wholeAll meatcontainsprotein
as a wholeenzymecan makereaction faster
SVcompletely

wholly

All meatcontainswhollyprotein
EnzymeCan makewhollyReaction faster

Catatan penting: Jangan menggunakan ‘wholly’ pada awal kalimat atau klausa kalimat untuk yang berarti ‘general’. Hindari penggunaan ‘as whole’ untuk menggantikan ‘as a whole’!

Itulah Sembilan contoh kata keterangan yang sering banget dipakai dalam kalimat. Semoga semakin menambah kosakata jenis kata keterangan sehingga bisa membuat kalimat lebih bervariasi. Happy learning on here! Wait for the next posting!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *