Penjelasan Mengenai Apa itu Past Tense dalam Bahasa Inggris

Penjelasan Mengenai Apa itu Past Tense dalam Bahasa Inggris –Mengobrol, curhat merupakan aktivitas yang mengasikkan ya readers, selain untuk mengurangi stress dapat juga mempererat hubungan bukan, baik hubungan pertemanan atau keluarga. Salah satu bentuk kominukasi yang sangat diperlukan oleh setiap orang. Obrolan yang dibicarakan pun variatif, ada kalanya menceritakan kejadian yang terlah berlalu, nostalgia, megenang kisah-kisah lucu, sedih, senang dan penuh cinta bersama. Ngomog-ngomomg tentang nostalgia, hayo siapa yang masih terjebak nostalgia yang belum bisa move on? Akan tetapi kadang kala perlu ya menengok masa lalu sebagai pembelajaran. Kira-kira tenses apa yang digunakan ya saat ingin berbicara dalam Bahasa Inggris?

all about past tense

Melihat gambar di atas tentu langsung bisa menebak jenis Past Tenselah yang digunakan. Tahukah kalian pa sih sebenarnya Past Tense itu? Yak, kita sering menyebutkan bentuk lampau atau masa lalu. Jangan sampai berfikiran yang telah lalu itu sudah lama berlalu ya, sampai beberapa tahun yang lalu. Terus yang seperti apa? Tadi pagi juga bisa dikatakan yang sudah berlalu lho, kalau kita berbicaranya pada malam hari. Bentuk Tenses ini memang sering dijumpai dalam cerita dongen masa lalu, karena memang kejadiannya pada zaman dahulu. Kalau di karangan biasanya berupa karangan Narrative (Fiction).

Secara harfiah Past berarti yang lalu, masa lalu, yang sudah terlewat. Sehingga Past Tense berarti bentuk kalimat untuk mengungkapkan kejadian yang sudah terjadi, sudah terlewat pada masa lalu atau bahasa kekiniannya flashback kejadian sebelumnya dan kita membicarakannya sekarang. Keterangan waktu (time adverbs) yang digunakan biasanya yesterday, last Friday night, last week, last night, last day, the day before, a day before, a month before, a years ago, two month ago, last month etc

Kira-kira kapan ya penggunaan jenis Past Tenseini? Ternyata banyak juga lho readers,apa saja itu?

  1. Untuk mengungkapkan kejadian yang sudah terjadi di masa lalu (ini sudah jelas).
  2. Dalam teks/ karanagn Bahasa Inggris digunakan dalam bentuk teks narasi (narrative text) dan recount text.
  3. digunakan juga dalam mengungkapkan bentuk harapan yang tidak terpenuhi di masa lampau dengan ‘had hoped’ (nanti aka nada pembahasan tersendiri).

Bentuk Past Tenseternyata masih terbagi menjadi sub tense sama halnya dengan Present Tense.Berikut ini pembagiannya yang mungkin bagi kalian sudah tidak asing lagi, bahkan sudah paham di luar kepala :

1. Simple Past Tense

Merupakan bentuk Past tense yang paling sederhana, digunakan untuk mengungkapkan kejadian/ aktivitas yang sering/ biasa dilakukan pada masa lalu,

Pola kalimat positive: Subject +Past form (V-2) + O +Adverb

  1. I wrote Physics report last night.(Aku menulis laporan Fisika tadi malam)
  2. He came to her party this morning. (Dia datang ke pestanya pagi ini)
  3. Maira and Mira wore red dresses yesterday. (Maira dan Mira memakai baju berwarna merah kemarin)

Pola kalimat positive: Subject + did not (didn’t) + Main verb (V-1) + O +Adverb

  1. I didn’t write Physics report last night.(Aku tidak menulis laporan Fisika tadi malam)
  2. He didn’t come to her party this morning. (Dia tidak datang ke pestanya pagi ini)
  3. Maira and Mira didn’t wear red dresses yesterday. (Maira dan Mira tidak memakai baju berwarna merah kemarin)

 

  1. Past Continuous Tense

Bentuk yang kedua dari Past Tense ini digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang sedang dilakukan saat kejadian lain juga sedang terjadi pada masa lalu.

Pola kalimat positive: Subject + was/ were+ Verb-ing + O +Adverb

  1. I  was cooking  many dishes when my son came home last Friday night. (Aku sedang memasak banyak menu ketika anak lelakiku pulang Jum’at malam kemarin)
  2. My dadwas writing  his note for his meeting when I met him last night. (Ayahku sedang menulis note untuk pertemuannya ketika aku menemuinya malam lalu)
  3. Maira and I  were choosing  their lipsticks when I called them coming hurry. (Maira dan aku sedang memilih lipstick ketika aku memanggilnya untuk segera)

Pola kalimat positive: Subject + was/ were+ not+ Verb-ing + O +Adverb

  1. I  wasn’t cooking  many dishes when my son came home last Friday night. (Aku tidak sedang memasak banyak menu ketika anak lelakiku pulang Jum’at malam kemarin)
  2. My dadwasn’t writing  his note for his meeting when I met him last night. (Ayahku tidak sedang menulis note untuk pertemuannya ketika aku menemuinya malam lalu)
  3. Maira and Iweren’t choosing  their lipsticks when I called them coming hurry.(Maira dan aku tidak sedang memilih lipstick ketika aku memanggilnya untuk segera)
  1. Past Perfect Tense

Bentuk ini digunakan untuk menyatakan aktivitas yang telah terjadi  atau baru saja terjadi dan selesai di masa lalu ketika ada kegiatan lain juga yang sedang berlangsung.

Pola kalimat positive: Subject + had+ participle (V-3) + O +Adverb

  1. We  had finished  our Math homework when the movie was started.(Kami telah menyelesaikan PR matematika ketika filmnya dimulai) à ketika film dimulai, aktivitas mengerjakan PR sudah tidak dilakukan
  2. Mione  had spent  much money when we asked her to lend.(Mione telah menabung banyak uang ketika aku memintanya meminjami diriku)
  3. It  had gone  when we looked for it yesterday. (benda tersebut telah hilang ketika kami mencarinya kemarin)

Pola kalimat positive: Subject + had+ not+ participle (V-3) + O +Adverb

  1. We  hadn’t finished  our Math homework when the movie was started.(kami belum menyelesaikan PR Matematika ketika filmnya dimulai)
  2. Mione  hadn’t spent  much money when we asked her to lend.(Mione belum menabung banyak uang ketika aku memintanya meminjami diriku)
  3. It  hadn’t gone  when we looked for it yesterday. (benda tersebut belum hilang ketika kami mencarinya kemarin)

 

  1. Past perfect continuous tense

Bentuk tense ini digunakan dalam mengungkapkan aktivitas/ kejadian yang telah terjadi/ baru saja terjadi, baru saja dimulai dan masih berlanjut/ belum selesai ketika kegaitan lain juga sedang berlangsung di masa lalu.

Pola kalimat positive: Subject + had+ been+ Verb-ing + O +Adverb

  1. We had been finishingour Math homework when the movie was started.(kami telah menyelesaikan PR matematika ketika filmnya sedang dimulai)à ketika film dimulai, baru akan menyelesaikan PR matematika
  2. Mionehad been spendingmuch money when we asked her to lend.(Mione telah menabung banyak uang ketika aku memintanya meminjami diriku)
  3. Ithad been goingwhen we looked for it yesterday. (benda tersebut telah hilang ketika kami mencarinya kemarin)

Pola kalimat positive: Subject + had+ not+ been+ Verb-ing + O +Adverb

  1. We hadn’t been finishingour Math homework when the movie was started.(kami belum makan banyak makanan ketika pertandingan dimulai)
  2. Mionehadn’t been spendingmuch money when we asked her to lend.(Mione belum menabung banyak uang ketika aku memintanya meminjami diriku)
  3. Ithadn’t been goingwhen we looked for it yesterday. (benda tersebut belum hilang ketika kami mencarinya kemarin)

Demikian tersebut penjelasan singkat mengenai Past Tensedan beberapa pembagiannya dalam kalimat. Untuk penjelasan yang lebih mendetail akan dibahas pada postingan selanjutnya, jadi just stay tune here. See you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *