Apa yang dimaksud dengan grammar?

Apa yang dimaksud dengan grammar? –tentu tidak asing lagi ya dengan kata ‘grammar’ jika kita sedang belajar bahasa inggris bukan. Sering kita dengar perkataan orang-orang mungkin seperti ini: “Kalau mau pandai bahasa inggris ‘katanya’ harus paham grammar dulu. “eh perbaiki grammar-mu kalau mau ngomong pakai bahasa inggris! “sudahkan anda paham tentang grammar?” “anda perlu belajar grammar yang benar”, “wah sayang sekali, ujian bahasa inggris kemarin saya banyak kejebak karena tidak begitu paham tentang grammarnya” dan masih buanyak keluh kesah tentang si ‘grammar’ yang seolah-olah menjadi momok menakutkan ini. siapa sih sebenarnya grammar ini?#eh. Lebih tepatnya apa sih grammar itu? Kenapa sangat sangat ‘penting’ sekali dan menjadi perhatian utama jika ingin pandai bahasa inggris, terutama saat menulis (writing), lebih-lebih dalam menulis karya/ artikel ilmiah dalam bahasa inggris tentunya.

Ada apa dengan si ‘grammar’ ini? untuk itu materi awal untuk belajar dengan baik dan ‘benar’, maka kita perlu mengenal dulu apa itu grammar bukan? Karena kalau tak kenal, maka harus kenalan dulu. Grammar dikenal juga sebagai tata bahasa inggris. Maksudnya? Tatanan, aturan penggunaan struktur, pemilihan kata (verb/kata kerja lebih tepatnya) dalam suatu kalimat. Jadi dalam bahasa inggris perlu hati-hati dalam memilih kata kerja, pelengkap dan waktu kejadian peristiwa tersebut. Ada beberapa aturan, perjanjian yang perlu dipahami agar tidak rancau atau kacau.

Mungkin pada saat berbicara (speaking) dengan orang lain tidak pelru memperhatikan grammar ini, asalkan yang diajak bicara paham maksudnya. Akan tetapi alangkah baiknya jika tetap memahami strukturnya bukan? Bisa-bisa malah nanti ditertawakan orang-orang dari natives asli saat kita akan berkomunikasi, ngga mau begitu kan? Trus muncul pertanyaan, apa saja sih grammar itu? Sabar-sabar, maka itulah topik yang akan saya bahas dalam tulisan ini. sebenarnya sudah pernah saya tulis tentang grammar di artikel-artikel saya sebelumnya (bisa dicari di artikel-artikel sebelumnya atau pilih category tentang grammar, tetapi tidak apa-apa, ini untuk memperkuat dan mengulang kembali untuk readers setia saya dan untuk author sendiri tentunya, selain itu juga tentunya ditambahi beberapa materi yang paling update dan kekinian bagi generasi milenial, sebenarnya ini juga sebagai permulaan saya untuk mendapatkan ide menulis lagi setelah 3 tahun hiatus, hehhehe…

Jadi Grammar merupakan aturan tata bahasa, perjanjian (agreement), kesepakatan dalam struktur kalimat dalam bahasa Inggris. Adapun materi atau hal yang tercakup dalam grammar hanya dua pokok penting ini yakni pola kalimat (pattern) dan model gaya penulisan (style). Perlu diingat, hanya dua hal pokok ini. apa itu pattern dan style? Nah kita akan bahas satu persatu ya readers, karena kedua hal di atas jg masih dipecah-pecah menjadi beberapa bagian lagi. Dan untuk mendetail juga nanti akan dibahas satu persatu tiap bagian sampai readers paham dan benar-benar mengerti, oke?

Pattern

Patterndikenal dengan pola kalimat dalam bahasa inggris. Jadi saat akan membuat kalimat atau frasa, maka tentu ada format-format tertentu pemilihan kata kerja, kata sifat, kata keterangan dan pelengkap. Apa saja yang tercakup dalam ini? dibawah ini diuraikan secara singkat, nanti bagian-bagiannya akan dibahas mendetail satu persatau.

1. Main Verbs: kata kerja utama dalam suatu kalimat.

Secara umum terbagi menjadi 3 garis besar. Jadi kata kerja dalam bahasa inggris itu tidak sembarngan ya readers, ada beberapa hal yang perlu dieprhatikan, syukur-syukur hafal (semoga saja).

Verb yang membutuhkan infinitive sebagai pelengkap

– Verb yang membutuhkan bentuk –ing untuk pelengkap

– Verb phrase yang membutuhkan bentuk –ing sebagai pelengkap

2. Tenses:

dikenal juga sebagai bentuk waktu. Waktu yang bagaimana? Inti dari tenses sebenarnya hanya pada perubahan kata kerja tergantung dengan keterangan waktu. Maka dari itu nanti saat membahas ini dikenal dengan perubahan kata kerja yang terdiri atas main verb (verb bentuk 1/ V1), past form (verb bentuk 2/ V2) dan participle (verb bentuk 3/ V3). Ada dua pokok yang nantinya akan dibahas:

Irreguler Past Forms

Bentuk 16 tenses

3. Modals dan pola Modal-related

 modal biasanya dikenal sebagai kata kerja bantu (auxiliary verb) sebelum kata kerja utama. Apa kegunaanya? Nah maka pada poin ini akan dibahas secara detail mengenai modals. Terdiri atas 4 pokok bahasan.

– Modal + main verb

– Know dan know how (knowledge dan ability)

– Used to dan be used to

– Would rather dan would rather that (preference)

4. Causatives

Nah ini merupakan bentuk kata kerja main verb juga, tapi yang bagaimana? Causative biasanya kata kerja yang bersifat memiliki ‘force’ seseorang/ sesuatu untuk melakukan sesuatu. Dibawah ini merupakan urutan dari kata kerja yang memiliki ‘force’ paling kuat.

Make

– Get

Have

– Let and help

5. Conditionals

berisikan tentang keadaan/ kondisi suatu peristiwa yang akan terjadi sesuai dengan fakta ilmiah, atau keadaan pengandaian yang tak mungkin terjadi. Ada 6 tingkatan yang nantinya akan dibahas sendiri lebih mendetail.

– Factual conditionals untuk kebenaran mutlak dan hasil penelitian

– Factual conditionals untuk hasil yang mungkin di masa mendatang

– Factual conditionals untuk hasil yang mungkin terjadi

– Factual conditionals untuk hasil yang mungkin berubah di masa lampau

– Contrary-to-fact conditionals untuk hasil yang tidak mungkin dengan menggunakan kata ‘were’

Contrary-to-fact conditionals untuk perubahan kondisi dengan menggunakan kata ‘unless’

6. Subjunctives

merupakan bentuk kata kerja main verb yang lain, tetapi lebih menekankan pada hal ‘kepentingan’ terhadap sesuatu. Ada tiga pokok yang akan dibahas.

– kata kerja subjunctive untuk menyatakan kepentingan

– Kata benda yang diturunkan dari kata kerja subjunctive untuk kepentingan

– impersonal expressions untuk menyatakan kepentingan

7. Infinitive

merupakan bentuk kata kerja utama main verb yang diberi awalan ‘to’. Dalam hal ini akan dibahas: – penggunaan infinitive untuk mengungkapkan tujuan/ maksud

8. Passive Voice

merupakan kalimat pasif dalam bahasa inggris. Jadi struktur dan formatnya akan dibahas secara mendetail dan jangan bingung dengan kalimat-kalimat aktif yang sudah dipelajari sebelumnya ya redears. Karena saya yakin masih pada terkecoh dan bingung dalam pemilihan kata kerja tentunya. Untuk apa kalimat pasif itu? Kalimat pasif biasanya digunakan jika pelaku tidak begitu dibutuhkan informasinya. Secara umum akan dibahas mengenai:

– bentuk pasif dengan word order

– bentuk pasif dengan menggunakan agent

– pasif dalam bentuk infinitive

– penggunaan Need untuk memperbaiki

– Rumus passive voice

– Belief and knowledge- Anticipatory it

9. Have + Participle

bentuk ini biasanya digunakan untuk menyatakan prediksi, prediksi itu berarti sesuatu yang belum terjadi baik yang akan datang maupun pengandaian lampau tetapi yang tidak terjadi.

menyatakan prediksi dengan Will Have + participle

Penggunaan Had Hoped untuk menyatakan keinginan di masa lampau

10. auxiliary verbs

hampir sama dengan modal, tetapi nanti pembahasan lebih kompleks dengan contoh-contoh kalimat dan latihan soal.

11. Pronouns

nah pembahasan ini yang lumayan banyak setelah membahas kata benda. Karena setelah dilihat-lihat, kebanyakan masih bingung dan pemakaian kurang pas. Dalam topik ini akan dibahas semua mendetail mengenai kata ganti benda, contoh penggunaan.

– Kata ganti benda sebagai subjek (Subject pronouns)

– Subject pronounssebagai pelengkap

– Kata ganti benda untuk objek (object pronouns)

– Penggunaan object pronounssetelah kata depan

– Possesive pronouns sebelum bentuk –ing

– Possesive pronounssebelum bagian anatomi tubuh

– Relative pronounsyang menggantikan seseorang atau sesuatu benda

– Relative pronounsyang digunakan sebagai pengganti orang

– penggunaan reflexive pronouns

– penggunaan reciprocal pronouns

11. Nouns

adalah kata benda. Pelru diingat dalam bahasa inggris, setiap benda perlu dibagi dalam suatu perjanjian, baik bisa dihitung ataupun tidak dihitung. Karena nantinya akan berpengaruh pada kata ganti benda itu sendiri (Pronoun). Nah dibawah inilah kira-kira topic yang akan dibahas nantinya:

count nouns

–  noncount nouns

– kata benda yang memiliki arti countnoun dan noncountnoun

–  arti yang mirip dari countdan noncount nouns 

  • Kata-kata yang menunjukkan nouns dan verbs

12. Adjectives

merupakan kata sifat. Kata sifat biasanya sebagai pelengkap dalam kalimat, atau digunakan dalam kalimat nominal. Apa itu? Nah nanti tentu akan dibahas lebih mendetail.

– determiners

– penggunaan An dan a

– Penggunaan the

– penggunaan all

– penggunaan kata no/ not any

– penggunaan one of thedan some of the

– penggunaan few dan little, a little dan a few, only a few dan only a little

– penggunaan much dan many

– penggunaan a large (small) amount of dan a large (small) number of

– penggunaan most of the dan almost all of the

Other adjectives

– penggunaan too dan very

– penggunaan enough with nouns

  • Penggunaan Enough with adjectives

– penggunaan  one of thedansome of the

– penggunaan  one, other dan the other untuk consecutive order

– numerical order

Kata sifat (Adjectives)yang diambil dari kata benda (nouns

– Penggunaan hyphenated adjectives

cause dan result dengan So

cause dan result dengan So

Penggunaan kata sifat dengan akhiran -ed dan –ing

Penggunaan Verbs of sense sebelum kata sifat

13. Comparatives

adalah kalimat perbandingan dalam bahasa inggris. Tentunya tidak lepas dari pengetahuan kita tentang kalimat adjective terlebih dahulu.

Penggunaan the same as dan the same untuk menyatakan excat similarity

Penggunaan similar to dan similiar untuk menyatakan general similarity

Penggunaan Like dan Alike

Penggunaan Quality nouns untuk menyatakan spesific similarity

Penggunaan Quality adjective

Penggunaan Different from dan differentdalamgeneral difference

Penggunaan To Differ from

Comparative estimates dengan multiple numbers

Penggunaan More than dan Less than

Penggunaan As many as untuk comparative estimates

Degrees of comparison_comparative adjectives

– penggunaan  superlative adjectives dalam degrees of comparison

– penggunaan  irreguler adjectives dalam degrees of comparison

– penggunaan  comparative adverbs dalam degrees of comparison

– contoh penggunaan  double comparatives

– penggunaan  pseudocomparatives

14. Preposition

adalah kata depan. Tentu kalian paham kan apa itu kalimat depan dalam bahasa Indonesia? Iya dalam bahasa inggris juga perlu diketahui penggunaan kata depan. Ada aturan yang perlu diperhatikan loh. Kira-kira inilah yang akan dibahas nantinya.

Penggunaan among, between, in, ondan at untuk menyatakan tempat

– Penggunaan in, on dan at untuk menyatakan waktu

– penggunaan besides untuk menyatakan addition

– penggunaan but dan except untuk menyatakan exception

– contoh instead of dan insteadin replacement

– penggunaan such as sebagai example

– penggunaan despite dan in spite ofuntuk condition dan expected result

– penggunaan from, for sebagai purpose/tujuan/ maksud

– penggunaan because of, dan because untuk cause

– penggunaan by sebagai means/alat

– penggunaan from dan to untuk time limit

15. Conjunction

adalah kata penghubung. Digunakan dalam kalimat bahasa inggris, dan sudah beberapa pasangan kata di bawah ini. lazimnya seperti itu. Apa saja itu?

Problems with correlative conjuntions

– contoh kegunaan both… and sebagai correlative conjuntions

– contoh kegunaan both… and… as well assebagai correlative conjuntions

– contoh aplikasi not only… but alsosebagai correlative conjuntions

– contoh kegunaan not … but sebagai correlative conjuntions

Problems with other conjuntions

– contoh kegunaan so dan too sebagai affirmative agreement

– contoh kegunaan neither dan eithersebagai negative agreement

– contoh kegunaan so that untuk planned result

– contoh kegunaan when untuk future result

– contoh kegunaan indirect questions

– contoh kegunaan –everdalam question word

16. Adverbs and Adverbs related structure

membahas masalah kata keterangan. Apa kata keterangan itu? Kata keterangan adalah kata yang menerangkan kata kerja.

penjelasan mengenai adverbs of manner

– contoh adverbs manner late, fast and hard

– kegunaan sometime dan sometimes

contoh penggunaan negative emphasis

– penjelasan mengenai once dalam introductory adverbial modifiers

– penjelasan mengenai while dalam introductory adverbial modifiers

penjelasan mengenai no longer

– contoh penggunaan since dan foruntuk durasi waktu (duration)

penggunaan dan penulisan dates/ tanggal

  • Penggunaan dan penulisan jam (time)

pengertian pseudo comparatives

penjelasan mengenai as a whole dan wholly

17. sentences and clauses:

nah pada kali ini akan dibahas mengenai jensi-jenis kalimat dan klausa dalam bahasa inggris. Akan juga dibahas mengenai kalimat majemuk yang tentunya sudah tidak asing lagi kan dalam bahasa Indonesia? Yuk dilihat apa saja kira-kira topic yang akan dibahas?

– contoh serta penjelasan sentences dan clauses

– penjelasan mengenai Clause-marker subjects

– penjelasan tentang verbs in dependent clauses

– pengertian adjective clauses

Itulah beberapa poin penting yang dibahas dalam topik pola kalimat (pattern) secara umum. sebenarnya masih ada lagi, hanya saja sudah termasuk dalam pembahasan di dalam setiap poin tersebut. jadi secara umum grammar berisi aturan-aturan di atas (kalian bisa langsung mengeklik link-link di atas jika penasaran). paling tidak kita paham hal-hal di atas jika menginginkan pintar dalam bahasa inggris, lebih-lebih dalam menulis artikel ilmiah, tgentu harus memperhatikan hal di atas, kalau nda nanti malah lucu dan bisa-bisa ditertawakan, nda mau kan? sekian dulu pengenalan materi tentang grammar bagian 1. untuk grammar bagian 2 inya allah akan dibahas menyusul, selamat belajar. see you :).

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *