pengertian grammar bagian 2

Apa yang dimaksud dengan grammar bagian 2

Posted on

Apa yang dimaksud dengan grammar bagian 2 – Pembahasan ini merupakan kelanjutan dari pengertian grammar bagian pertama. Pada bagian kedua ini akan lebih fokus membahas pokok bahasan berupa Style. Apa itu style? tentu sudah tidak asing lagi bukan? Style di sini tentunya mengacu pada model penulisan kalimat dalam bahasa inggris. Kalau pattern itu lebih ke struktur kata (kata kerja, benda, sifat dsb), maka pada bagian style ini lebih pada penyusunan kalimat (sentences) bahasa inggris yang sesuai dengan struktur (pattern) yang sebelumnya.
Model kalimat atau style adalah hal terpenting dari struktur grammar. Selain bentuk agreement (kesepakatan) juga ada bentuk point of view (sudut pandang) lho readers. Style merupakan bentuk yang lebih umum yang mencakup semua unsur yang lebih luas daripada pola grammar atau struktur. Mungkin kalian pernah menemukan pada beberapa buku teks grammar, style berarti struktur kalimat, yakni bagaimana bagian-bagian kalimat berhubungan satu sama lain, interaksi antar kalimat. Yang mencakup style ini berupa point of view, agreement, verbal modifiers, parallel strucuture (struktur kalimat parallel), redundancy (kata yang berlebihan dalam kalimat), dan word choice (pilihan kata dalam kalimat). Baiklah mari kita jabarkan satu persatu untuk lebih jelasnya. You can even open your dictionary if you meet difficult words :p.

pengertian grammar bagian 2
1. point of view
– penjelasan mengenai point of view berupa verbs, akan dibahas mengenai penggunaan kata kerja yang membuat sesuatu yang sama dan benar menurut urutan kata kerja dalam tense dan frase waktu di dalam kalimat. Untuk yang berupa kata kerja (verbs) di semua pola kalimat, membuat sama sudut pandang berupa present atau kah bentuk past. Jangan merubah dari bentuk present tense menjadi bentuk past tense, atau sebaliknya dalam kalimat yang sama.
– penjelasan mengenai point of view berupa report of speech, dalam hal ini akan dibahas menengenai kaitan kata kerja yang digunakan dalam untuk melaporkan atau menyatakan kejadian di masa lalu. Kata kerja seperti: asked, said, knew, thought, believed, remembered, told, reported, forgot; digunakan sebagai kata kerja bentuk past pertama dalam reported speech yang harus diikuti bentuk past!
– penjelasan mengenai point of view berupa verbs dan adverbs, pada pembahasan ini akan dijelaskan mengenai ketepatan penggunaan kata kerja dengan kata keterangan waktu (time adverbs).
– penjelasan mengenai point of view berupa activities of the dead, nah penjelasan hal ini mengenai aktivitas yang terjadi karena meninggal/ mati, maka harus menggunakan kata kerja bentuk past tense!

2. kesepakatan/ perjanjian (agreement),

pembahasan ini lebih menitikberatkan pada pemilihan subjek dan kata kerja yang tepat. Nantinya subjeknya bisa berupa subjek yang termodifikasi (modified subject) dan kata kerja yang dipilih harus tepat!
– kesepakatan mengenai modified subject dan verbs  hubungan antara subjek yang termodifikasi dengan subjek yang tepat dalam suatu kalimat
– kesepakatan mengenai subject with accompaniment dan verbs  menitikberatkan pada subjek yang dikawal atau ditemani dengan kata benda yang lain dengan kata kerja yang tepat
– kesepakatan mengenai subject with appositive dan verbs  akan membahas mengenai frase kata yang berupa penjelas yang mengikuti suatu subjek kalimat dengan subjek dan kata benda serta kata ganti benda harus sesuai.
– kesepakatan mengenai indefinite subject dan verbs  yang akan dibahas nantinya adalah mengenai indefinite subjek yakni subjek yang berupa kata yang tak terbatas dan membutuhkan kata kerja yang tunggal (singular verbs). Apa saja itu indefinite subjek? Jadi jika menggunakna subjek jenis ini harus menggunakan kata kerja bentuk tunggal.
– kesepakatan mengenai collective subject dan verbs  pembahasan ini hampir mirip dengan indefinite subjek, kolektif subjek juga membutuhkan kata kerja bentuk tunggal. Pada akhrinya akan dijelaskan apa saja jenis kolektif subjek tersebut.
– kesepakatan mengenai noun dan pronoun  pembahasan ini berisikan ketepatan pronoun daalam mengganti noun dalam suatu kalimat.
– kesepakatan mengenai subject dan possessive pronoun  pembahasan ini berisikan ketepatan possessive pronoun dalam mengganti subjek dalam suatu kalimat.
– kesepakatan mengenai impersonal pronoun  nah pada pembahasan ini akan dikenalkan suatu istilah impersonal pronoun. Apa itu? kata ganti orang untuk penulisan formal dan tidak formal yang biasanya menggunakan kata ‘he’, ‘his’, dan ‘one’ atau ‘one’s’. nah nanti readers akan dijelaskan sedetail-detailnya mengenai penggunaan impersonal pronoun ini.

3. pengenalan kata kerja yang termodifikasi (Introductory verbal modifiers), pembahasan ini mengena Verbal modifier/ kata kerja termodifikasi yakni suatu bentuk modifikasi dari kata kerja atau juga memperkenalkan subjek dan kata kerja pada klausa utama dari kalimat. Jadi kata kerja bisa diubah sesuai dengan kebutuhan kalimat.
– penjelasan mengenai verbal modifiers dalam bentuk –ed dan –ing
– penjelasan mengenai verbal modifiers dalam bentuk infinitive of purpose to introduce instructions

4. struktur kalimat setara (parallel structure), nah ini merupakan pembahasan yng cukup penting juga dalam menyusun kalimat. Masih banyak yang keliru. Apa itu Parallel structure? pengekspresian suatu ide dari kepentingan yang sama (equal importance) dengan struktur grammar yang sama.
– penjelasan tentang parallel structure dalam in series
– penjelasan tentang parallel structure dalam after correlative conjunction

5. Masalah mengenai sesuatu yang tidak diperlukan karena sudah ada sesuatu yang mirip dalam kalimat (Redundancy), nah dalam pembahasan ini akan dijelaskan mengenai kata yang mubazir/ tidka efektif dalam suatu kalimat bahasa inggris. Kalian tentunya sudah mengenal kalimat efektif dalam bahasa Indonesia bukan? Dalam bahasa inggris juga perlu memperhatikan kalimat efektif.
– penjelasan tentang unnecessary phrases
– penjelasan tentang repetition of words with the same meaning
– penjelasan tentang repetition of noun by pronoun

6. pilihan kata (Word choice), nah dalam pembahasan ini dijelaskan mengenai pemilihan kata kerja dalam bahasa inggris yang memiliki arti sama, tetapi peggunaannnya berbeda. Apa sajakah itu? masih ingatkah anda apa itu kata kerja dalam bahasa inggris?
– Perbedaan penggunaan Raise dan rise
– Perbedaan penggunaan lie dan lay
– Perbedaan penggunaan sit dan set
– Perbedaan penggunaan kata kerja yang mirip tell dan say
– Perbedaan penggunaan kata kerja yang mirip lend dan borrow
– Perbedaan penggunaan kata kerja yang mirip let dan leave
– Perbedaan penggunaan kata kerja yang mirip do dan make
– contoh penggunaan prepositional idioms yang tepat
– contoh penggunaan part of speech
Itulah kira-kira yang ada dalam pembahasan pengertian grammar bagian 2. Ini merupakan lanjutan dari pengertian grammar bagian 1. Yang masih belajar bahasa inggris, terumata grammar, ayo tetap semangat. Semoga uraian materi yang saya berikan selalu memberi pencerahan bagi readers semua. Jangan lupa like and share jika bermanfaat. See yaw for the next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *