3 alasan kenapa belajar bahasa inggris dengan nonton film terbukti bisa

3 alasan kenapa belajar bahasa inggris dengan nonton film terbukti bisa – Hemm,,, mungkin readers masih heran jika kalian bisa belajar bahasa inggris sambil nonton film. Setelah sebelumnya kalian membaca tips belajar bahasa inggris sambil nonton film, menonton film diharapkan untuk yang menyenangkan bukan? Jadi bagaimana kalian belajar saat menyenangkan dengan menonton film? Dan yang lebih penting, kenapa seharusnya kalian belajar bahasa inggris dengan film selain dengan textbooks? Nah inilah alasan yang author percaya benar, kenapa author sarankan belajar dengan cara ini.

film

1. Kalian itu akan belajar bahasa inggris yang nyata… bukan buku teks bahasa inggris.

Bahasa inggris yang kalian pelajari dengan teks book atau dengan ESL bukan apa ayng akan kalian dengan dari orang-orang yang dipercakapan. Sebagai contoh, dalam kelas bahasa inggris untuk pemula, kalian mungkin telah belajar tentang “it’s a quarter to seven” atau “it’s raining cats and dogs”. Nah kalimat di atas benar, tapi kita jarang mengatakan hal tersebut dalam kehidupan nyata. Padahal, bahasa inggris yang diucapkan dalam film itu sangat natural, dan juga sangat dekat dengan apa yang akan kalian dengar jika kalian bicara denagn orang asli inggris. Hal ini akan memperbaiki kemampuan bahasa inggris kalian.

2. Kalian itu belajar kata-kata bahasa inggris dalam konteks.

Maksudnya? Ini merupakan salah satu aspek dalam menonton film. Katakan kalian menyukai menonton film kriminal. Setelah menonton sepuluh atau dua puluh film, kalian akan mulai belajar kosakata berhubungan dengan konteks, subjek atau bahkan tentang kriminalitas.

Biasanya, ketika kita belajar kata-kata secara tradisional (di sekolah), kita belajar sesuatu seperti daftar kosakata. Masalah saat belajar kata-kata baru dengan daftar kosakata merupakan apa yang dapat kalian pelajari apa saja artinya, sebagai contoh, katakan kalian belajar kata baru “detective”. Dari kamus, kalian akan tahu apa artinya kaa itu, yakni “a person who investigates crimes ( seorang yang menyelidiki kriminal)”. Tapi jika kalian tidak menggunakan kata-katatersebut, akan mudah lupa.

Dengan kata lain, jika kalian belajar kata “detective” saat menonton film kriminal, kalian akan tahu “detective” dapat berarti macam-macam.  Sebagai contoh, hal ini bisa jadi judul dalam nama orang (e.g. “Detective Beckett”). Atau mungkin sebagai kata benda (noun) yang menunjukkan profesi (e.g. he’s a detective), dan mungkin kalian juga akan mendengar sesuatu yang akan memberikan pendapat lain seperti “you lousy detectives”.

Dengan ini, kalian tidak hanya akan belajar setiap arti kata, kalian juga akan tahu penggunaan kata-kata tersebut. Kalian tidak akan pernah mampu begitu jika menggunakan teksbook.

3. Kalian itu akan mendengar bagaimana sesuatu itu dikatakan (You hearhowthings are said)

Dalam bahasa inggris, orang sering mengatakan 30% dari apa yang kita ekspresikan melalui kata-kata kita. Jadi bagaimana dengan yang 70% lainya? Well, ternyata 70% yang laian adalah bagaimana kamu mengatakan kata-kata tersebut (how you say it). Kalian tahu, sesuatu seperti ekspresi (senyum, mengekrutkan dahi) dan nada dari suara kalian (seperti ketika kalian terdengar marah atau sedih). Seperti yang kalian tebak, kata ‘how’ biasanya lebih penting daripada kata “what” pada orang inggris.

Sebagai contoh lagi: saya yakin bahwa satu dari farsa yang ingin kalian pelajari dalam bahasa inggris adalah kata “I love you”. Tapi, apakah kalian membayangkan bahwa tergantung bagiamana kalian mengucapkannya keras atau tidak akan terasa berbeda?

“I love you” – kalian mungkin mendengar ini antara dua orang (khususnya para lovers) saat bertengkar! Satu orang sedang mencoba mengatakan kepada yang lain “I really love you…why don’t you believe me!?”

“I…LOVE…YOU” – hal ini mungkin seseorang mencoba mengatakan dalam suara keras …sedang mencoba mengakui cinta mereka!

“I LOVE YOU!!” – seseorang mungkin mengatakan “I love you”…saat mereka sedang marah!

Seperti yang readers liat, jika kalian mencoba belajar dengan membaca, kalian mungkin akan bingung. Walaupun empat frasa di atas ditulis dengan berbeda, karena empat frasa di atas menggunakan kata-kata yang sama. Tapi saat kalian mendenagar frasa kata ini denagn keras, hal ini akan membuat perfect sense ke kalian!

Dengan tahu apa yang seseorang katakan merupakan hal yang penting. Tetapi dengan tahu bagaimana pengucapannya itu lebih penting. Kita katakan mengerti the “how” yang merupakan nuansa bahasa inggris. Selain melihat aktor dalam film, tidak hanya akan membuat kalian mampu belajar kata-kata baru, kalian akan mampu juga mengerti bagaimana pengucapannya. Karakter dalam film mungkin sedih, bahagia, terkejut, marah, dengan melihat dan mendengar dalam film, kalian akan tahu segera.

Jadi, mau mencoba belajar bahasa inggris dengan nonton film?

 

3 alasan kenapa belajar bahasa inggris dengan nonton film terbukti bisa | admin | 4.5