Penggunaan urutan tense (sequence of tenses)

Penggunaan urutan tense (sequence of tenses) – Tahukah kalian ketika ada dua anak kalimat tergabung menjadi satu kalimat, biasanya kedua anak kalimat itu menunjukkan hubungan waktu. Hal tersebut didasarkan pada waktu dan kata kerja yang menunjukkan bentuk waktu (tenses). Nah hubungan inilah yang dikenal dengan Sequence of tenses. Apa itu?
Penggunaan urutan tense (sequence of tenses)
1. PRESENT TENSE
INDUK KALIMAT
ANAK KALIMAT BERUPA:
PRESENT TENSE
Present continuous tense
Will, can, or may + V1
Past tense
Present Perfect
a. Jika induk kalimat berupa bentuk present tense, maka anak kalimatnya bisa berupa present continuous tense. Kita menggunakan bentuk ini sebagai dependen klausa/ anak kalimat untuk menyatakan dua aktivitas yang terjadi secara bersama. misalnya:
I know that you are still watching TV now.
– Do we know who is leaving?
b. Menggunakan modal auxiliary dalam anak kalimat untuk menunjukkan bahwa aktivitas itu berlangsung setelah aktivitas dalam induk kalimat berlangsung. Contoh:
– Rena says that she will take a job next week.
– I know that he is going to go to Paris.
–  Rina thinks that she can choose it if she wants.
c. menggunakan past tenses dalam anak kalimat untuk menunjukkan bahwa aktivitas tesebut berlangsung sebelum aktivitas pada induk kalimat terjadi. Contoh:
We hope she arrived safely.
-I think they were here last night.
d. menggunakan bentuk present perfect tensepada anak kalimat untuk menunjukkan bahwa aktivitas tersebut berlangsung pada saat yang tidak pasti/ menentu sebelum aktivitas pada induk kalimat terjadi. Contoh:
Mia tells us that Drake has been there waiting for us.
– She knows that he has collected his report.
2. PAST TENSE
INDUK KALIMAT
ANAK KALIMAT BERUPA:
PAST TENSE
past tense/ Past continuous tense
Would, could, or might + V1
Past perfect tense
Present Perfect
a. Jika induk kalimat berupa bentuk past tense, maka anak kalimatnya bisa berupa past tense/ past continuous tense. Kita menggunakan bentuk ini sebagai dependen klausa/ anak kalimat untuk menyatakan dua aktivitas yang terjadi secara bersamaan pada masa lalu. untuk contohnya:
– Luna called me when I was reading a novel.
– Jimmy picked me up when I was still enjoying the food.
b. Menggunakan modal auxiliary bentuk lampau dalam anak kalimat untuk menunjukkan bahwa aktivitas itu berlangsung setelah aktivitas dalam induk kalimat berlangsung pada masa lampau. Contoh:
Retna said that she would join us next day.
– I knew that he was going to go to Paris when I called.
–  Rina thought that she could choose it if she wanted.
c. menggunakan past perfect tensesdalam anak kalimat untuk menunjukkan bahwa aktivitas tesebut berlangsung sebelum aktivitas pada induk kalimat terjadi pada masa lalu. misal:
We hoped she had arrived safely.
-I thought they had been here last night.

 

Kira-kira begitulah penggunaan urutan tense (sequence of tenses),  dengan mengetahui kesamaan waktu dalam kalimat, diharapakan sudah tidak keliru lagi ya!
Penggunaan urutan tense (sequence of tenses) | admin | 4.5